Wednesday, June 12, 2019

Komputer : Pengertian, Sejarah, Fungsi, Jenis dan Komponennya

Pengertian Komputer Secara Etimologis adalah menghitung. Kalau kita runtut Kata "Komputer" berasal dari bahasa latin yaitu Computare yang berarti menghitung. Sehingga secara sederhana komputer adalah alat untuk menghitung aritmatika.

Komputer merupakan sebuah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. kata komputer sendiri awalnya digunakan untuk menggambarkan orang yang pekerjaannya melakukan sebuah penghitungan aritmatika, baik tanpa atau dengan alat bantu tetapi kemudian kata komputer itu dipakai untuk mesin itu sendiri.

Pada tahun 1646 Kata komputer digunakan untuk orang yang  menghitung, tetapi kemudian pada tahun 1897 kata komputer digunakan untuk alat hitung mekanis. Pada Perang ke II kata komputer sendiri digunakan oleh para pekerja wanita inggris dan amerika serikat untuk menghitung jalan artileri perang menggunakan mesing hitung.

Untuk lebih jelas dan lengkapnya. Mari kita simak di bawah ini tentang komputer berkaitan dengan Pengertian, Sejarah, Fungsi, Jenis dan komponennya.


Pengertian Komputer

Berikut adalah Pengertian Komputer Menurut beberapa para ahli :

1. V. C. Hamacher

Manurut Hamacher komputer merupakan alat atau mesin penghitung elektronik yang cepat serta dapat menerima informasi input digital, yang kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang telah tersimpan di memori dan menghasilkan output berupa informasi.

2. Robert H. Blismer

Menurut Robert H. blismer komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan intruksi yang diberikan menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyeiakan output dalam bentuk informasi.


3. William M. Fuori

komputer adalah suatu alat pemroses data yang bisa melakukan penghitungan dalam skala besar dan cepat termasuk perhitungan aritmatika dan operasi logika dan tidak ada campur tangan manusia.

4. William & Sawyer

Komputer adalah mesin serba guna yang dapat diprogram, bisa menerima data, memanipulasi data ke dalam informasi yang akan digunakan.

5. Donald H. Sanders

Komputer adalah sistem elektronik yang bisa digunakan untuk memanipulasi data dengan cepat dan tepat. Dirancang dan diprogram agar secara otomatis bisa menerima dan menyimpan data, memproses dan menyajikan output data beerdasrkan perintah yang telah tersimpan didalam memory.

6. Oxford English Dictionary (OED) 

Komputer sebagai sebuah perangkat yang digunakan untuk menghitung atau mengendalikan operasi-operasi yang dinyatakan dalam bentuk numeric atau logika.

Back to Content

Sejarah Komputer

Sejarah perkembangan komputer sangat berkaitan erat dengan perhitungan aritmatika. Jadi bisa dikatakan pada masa dulu komputer digunakan untuk membantu manusia sebagai mesin alat hitung.
Komputer yang kita kenal sekarang adalah mesin yang muai kita kenal abad ke-19, yang merupakan hasil penemuan dari seorang Profesor Matematika yaitu Charles Babbage. Dia merancang sebuah mesin analitik yang dapat melakukan proses operasi matematika sederhana. hal inilah yang kemudian berkembang menjadi sebuah kerangka dasar dari perkembangan komputer selanjutnya.

Perkembangan Komputer 

Secara Umum Perkembangan Komputer terbagi menjadi 5 generasi yaitu :

1. Komputer Generasi Pertama (1937 - 1946)
Komputr generasi I  diawali oleh Dr. Jhon V. Atanasof dan Clifford Berry yang bernama Atanasoff-berry (ABC). kemudian pada tahun 1943 perkembangan komputer di Inggris dituntut oleh kepentingan perang dunia ke-II (World Wide War II) bernama komputer colossus. Komputer ini digunakan untuk memecah kode mesin Chiper Lorenz SZ-40, merupakan mesin yang digunakan oleh Jerman untuk berkomunikasi jarak jauh menggunakan sinyal telegraf.


Komputer generasi pertama adalah komputer yang bisa digunakan untuk satu tugas dan tidak menggunakan sistem operasi.

2. Komputer Generasi Kedua (1947 - 1965)
Perkembangan Komputer generasi kedua ditandai dengan penemuan transistor yang menggantikan tabung vakum sebagai unit pemrosesan. Transistor pertama kali ditemukan oleh Dr. Jhon Bardeen, Dr. Walte H. Brattain, dan Dr. William Scockley pada tahun 1947. Hal ini menyebabkan ukuran komputer menjadi lebih kecil, lebih ringan dan lebih hemat energi dan biaya.


Pada tahun 1951 Komputer pertama yang menggunakan transistor dipublikasi untuk tujuan komersial yang bernama UNIVAC 1 (Universal Automatic Computer 1). Kemudian pada tahun 1953 perusahaan teknologi IBM membuat jejak komputer secara komersial denga seri 650 dan 700 di pasaran.

Komputer Generasi kedua adalah perkembangan komputer yang pesat mulai dari penggunaan transistor, penemuan memory komputer, sistem operasi dan penciptaan lebih dari 100 bahasa pemrogaman.

3. Komputer Generasi Ketiga (1965 - 1971)
Penemuan sirkuit Integrasi (IC) merupakan cikal bakal dari perkembangan komputer generasi ketiga. Dalam penggunaannya transistor menjadikan komputer cepat panas sehingga membuat komputer generasi kedua mulai ditinggalkan. Kemudian salah seorang ilmuwan yang bernama Jack Billy, mencoba kembali melakukan penelitian.


Kemudian pada tahun 1958 Dia membuat sebuah komponen yang lebih canggih lagi, dibandingkan dengan transistor yaitu Integrated Circuit Chip yang dikenal dengan IC yang mampu mengumpulkan dan menjadikan banyak komponen menjadi satu.

Pada Generasi ketiga inilah sejarah komputer dengan teknologi Integrated Circuit (IC) menjadi ciri utama.

4. Komputer Generasi Keempat (1971 - 1980)
Komputer generasi keempat adalah regenerasi dari komputer generasi ketiga. Perbedaannya adalah komputer pada generasi keempat lebih komplek dan terintegrasi dibandingkan dengan generasi sebelumnya yaitu generasi ketiga.


Microchip berbasis Central Processing Unit (CPU) pertama, terdiri dari beberapa microchip untuk komponen CPU yang berbeda. Dorongan untuk integrasi semakin besar dan miniasturisasi dipimpin menuju single-chip CPU, dimana semua komponen CPU yang diperlukan dimasukkan ke sebuah microship tunggal yang disebut dengan Microprocessor. Microprocessor pertama yaitu intel 4004.

Munculnya Microprocessor menjadi evolusi dari Microcomputer, yaitu sebuah bentuk yang menjadi komputer pribadi yang kita kenal sekarang ini.

5. Kompter Generasi Kelima (1980 - Sekarang)
Generasi komputer kelima adalah seperti yang kita lihat sekarang ini, tengah banyak sekali pengembangan yang dilakukan oleh vendor elektronik.


Beberapa bukti diantaranya adalah munculnya smartphone, tablet, phablet, neetbook, ultrabook, dan banyak lagi penemuan-penemuan yang kita temukan pada saat ini.

Komputer pada generasi kelima dapat menerjemahkan bahasa manusia, manusia dapat berkomunikasi langsung dengan komputer serta adanya kemampuan dalam penghematan energi komputer.

Sifat yang luar biasa ini dapat disebut dengan istilah "Artificial Intelegence" Selain itu juga berbasis GUI (Graphic User Interface), Multikomunikasi dan multimedia.

Back to Content

Fungsi Komputer

Dalam Prinsipnya Komputer memiliki 4 (Empat) Fungsi dasar yaitu :

1. Data Processing (Data Pengolahan)
2. Data Storage (Data Penyimpanan)
3. Data Movement (Pemindahan data)
4. Control (Pengendalian)

1. Data Processing (Data Pengolahan)

Komputer digunakan untuk pengolahan data sehingga dapat menghasilkan output berupa sebuah informasi. Data yang diolah umumnya berupa Dokumen, teks, suara, kata, objek, video, gambar dan grafik.

2. Data Storage (Data Penyimpanan)

Komputer berfungsi untuk pengamanan dan pemakaian kembali data. komputer dapat melakukan fungsi penyimpanan dan pengambilan data. Contoh ketika kita membuka Ms. Word atau Ms. Excel atau yang lainnya, kita bisa menyimpan data tersebut kedalam Hardisk kemudian kita juga bisa membukanya kembali lewat perintah Open.

3. Data Movement (Pemindahan data)

Komputer juga bisa memindahkan data atau file dari komputer satu ke komputer yang lain.

4. Control (Pengendalian)

Komputer dapat mengkontrol semua periferal atau komponen yang satu dengan komponen yang lainnya.

Back to Content

Jenis - jenis Komputer

Berdasarkan bentuk dan ukurannya, komputer dapat dibedakan menjadi 7 jenis komputer. Adapun jenis-jenis komputer adalah sebagai berikut :

a. Komputer Portable

Komputer ini adalah jenis komputer yang mudah dibawa keman-mana, dimana penggunaannya untuk keperluan penelitian di lapangan dan berpindah-pindah. Jenis komputer ini kurang populer karena cenderung berat dan lebih besar dari laptop pada umumnya.

b. Komputer Desktop

Sesuai dengan namanya, komputer ini adalah jenis komputer yang berada diatas meja. Komputer jenis ini memiliki CPU yang terpisah dari monitor dan keyboard.

c. Komputer Palmtop

Komputer ini adalah jenis komputer yang bentuknya kecil dan bisa digenggam. Komputer jenis ini sudah jarang digunakan sejak adanya Smartphone.

d. Komputer Tower

Komputer jenis ini bentuknya lebih besar dari komputer desktop dan biasanya diletakkan di atas atau samping meja. Komputer ini dapat ditambahkan perangkat pendukung karena memiliki ekspansionslot.

e. Komputer Notebook

Komputer ini adalah jenis laptop namun dengan ukuran lebih tipis. Umumnya digunakan oleh pelajar, pengajar atau peneliti yang membutuhkan perangkat yang ringkas dan ringan.

f. Handbook (Sub-Notebook)

Ini adalah jenis Notebook namun ukurannya lebih kecil dari notebook pada umumnya. Handbook umumnya memiliki processor dengan spesifikasi yang rendah.

g. Komputer Laptop

Komputer ini adalah jenis komputer yang bisa diletakkan di pangkuan penggunanya. Laptop memiliki CPU, Monitor dan keyboard yang menyatu dan mudah dibawa kemana-mana.

Back to Content

Komponen Komputer

Komputer terdiri dari serangkaian komponen yang dikelompokkan menjadi tiga unit. Yaitu unit pemasukan (Input), unit pemrosesan (Processing) dan unit pengeluaran (Output).

Unit Pemasukan (Input)

Komponen input adalah komponen Hardware yang berfungsi sebagai pintu masuk perintah yang akan di berikan kepada komputer. Contohnya adalah :
  • Keyboad merupakan komponen yang berfungsi memberikan masukan berupa data alfanumeric dan interpretasi ASCII lainnya. Pada Keyboard terdapat huruf A-Z, angka 0-9 dan perintah-perintah lainnya.
  • Mouse merupakan penghubung antara layar monitor dengan pengguna atau user. Dalam pengoperasinnya mouse terlihat sebagai pointer di layar monitor.
  • Trackpad Fungsi trackpad persis sama dengan Mouse, cuma bentuknya yang berbeda.
  • Microphone adalah komponen yang memberikan masukan dalam bentuk suara.
  • Scanner merupakan alat yang digunakan untuk memindai gambar yang akan dimasukkan ke dalam komputer dalam bentuk file digital.

Unit Pemrosesan (Processing)

Komponen proses adalah komponen yang fungsinya memproses perintah yang diberikan oleh user untuk kemudian ditampilkan pada komponen output.
  • Processor merupakan komponen utama dalam pemrosesan data
  • Motherboard adalah komponen yang menjadi tempat berhubungnya semua komponen seperti tempat terhubungnya alat Input, pemroses dan output
  • Hardisk adalah komponen yang digunakan untuk menyimpan data secara permanen seperti sistem operasi, data, dokumen dan lain sebagainya.
  • Memory (RAM) digunakan untuk menyimpan segala aktifitas komputer untuk sementara.

Unit Pengeluaran (Output)

Komponen yang berfungsi sebagai alat untuk menampilkan informasi dari perintah yang telah diproses sebelumnya
  • Monitormerupakan komponen yang menampilkan proses yang sedang dikerjakan oleh komputer.
  • Speaker adalah alat untuk output dalam bentuk audio (Suara)
  • Printer alat yang dipakai untuk mencetak hasil kedalam bentuk hardcopy.