Monday, June 17, 2019

Pengertian Sistem Komputer, Komponen serta Fungsinya

Pengertian dari Sistem komputer adalah sekumpulan perangkat-perangkat komputer yang saling berhubungan dan berinteraksi satu sama lain untuk melakukan proses pengolahan data yang masuk sehingga dapat menghasilkan informasi yang diharapkan oleh penggunanya. 

Perangkat yang ada dalam sistem komputer diantaranya adalah Perangkat keras (Hardware), Perangkat lunak (Software) dan pengguna atau user (Brainware)

Perangkat - perangkat yang terdapat dalam komputer mempunyai tugas dan fungsi yang berbeda-beda. Tetapi dalam pengoperasiannya, perangkat-perangkat tersebut akan bekerja sama dan saling mendukung satu sama lain.

Ketiga rangkaian tersebut tidak akan bisa berfungsi tanpa adanya dukungan dari yang lain. Misalnya Hardware tidak akan bisa berjalan tanpa adanya Software, begitu juga software tidak akan bisa berjalan tanpa adanya hardware dan juga adanya intruksi dari user atau brainware.

Komponen Sistem Komputer

Berikut ini adalah komponen yang ada dalam sistem komputer, yaitu :

1. Perangkat Keras (Hardware)
Hardware atau yang sering kita kenal dengan perangkat keras adalah sebuah komponen dari sistem komputer yang mempunyai wujud fisik serta dapat dipegang. Hardware sendiri dalam sistem komputer memiliki beberapa komponen, diantaranya adalah :

a. Central Processing Unit (CPU)
Central Processing Unit atau CPU adalah otak dari sistem komputer, unit ini bertanggung jawab atas segala kegiatan yang terjadi didalam komputer. CPU berfungsi sebagai pusat pengolahan dan pengontrol semua perangkat internal maupun eksternal yang terhubung dengan komputer.


b. Masukan (Input Unit)
Merupakan perangkat pada hardware komputer yang fungsinya sebagai alat untuk memasukkan data-data atau perintah pada komputer seperti keyboard, mouse, webcam, scanner dan lain-lain.

c. Pengeluaran (Output Unit)
Perangkat ini mempunyai fungsi kebalikan dari Input Unit. Kalau Input Unit memaukkan data yang ddari luar kedalam komputer, maka output unit ini kebalikannya. Perangkat ini berfungsi untuk menampilkan hasil pemrosesan data baik berupa dokumen, audio maupun visual (gambar) seperti monitor, printer, projektor dan lain-lain.

d. Penyimpanan (Storage Unit)
Data atau intruksi yang telah diinput pada sistem komputer melalui unit input terlebih dahulu disimpan di storage unit sebelum benar-benar diproses. Begitu juga dengan hasil data yang telah diproses, data tersebut terlebih dahulu disimpan pada storage unit sebelum dipindahkan ke output unit.

Didalam CPU dilengkapi alat penyimpanan data. Terdapat alat penyimpanan data yang kapasitasnya lebih besar sebagai alat penyimpan utamanya yang biasanya disebut dengan hardisk. 

2. Perangkat Lunak (Software)
Software adalah komponen komputer yang tidak memiliki wujud atau bentuk fisik. Software memiliki bentuk digital yang disimpan dalam memori komputer. Terdapat berbagai macam jenis kategori software pada komputer yaitu :

1. System Software
System Software adalah kategori untuk software yang mengatur dan mengontrol komponen harware komputer yang mana memungkinkan terjadinya interaksi antara hardware dan tipe software lainnya. Salah satu contoh dari system software adalah Sistem Operasi.

2. Utility Software
Utility software adalah kategori untuk software yang menjaga dan melindungi sistem komputer namun tidak berhadapan secara langsung dengan hardware. Diantara yang termasuk utility software adalah software anti virus, firewall, disk defragmenter dan lain-lain.



3. Application Software
Application software adalah kategori untuk software yang digunakan oleh user untuk menyelesaikan sebuah tugas tetentu. Yang termasuk application software adalah Software Web browser, software Office, software Game dan lain-lain.

3. Pengguna atau User (Brainware)
Brainware yaitu orang yang menjalankan atau mengoperasikan komputer. Brainware menjadi sangat penting karena tanpa adanya brainware maka komputer tidak akan bisa berjalan. Jadi bisa disimpulkan bahwa brainware adalah setiap orang yang terlibat dalam kegiatan-kegiatan pemanfaatan komputer. Pengguna komputer secara umum dibagi menjadi 4 (Empat) maacam, diantaranya adalah :

1. Programmer
Orang yang mempunyai keahlian atau menguasai banyak atau salah satu bahasa pemrograman misalnya seperti PHP, Java, Phyton dan lain-lain. Jadi bisa dikatakan bahwa programmer adalah orang yang membuat dan bertugas menyiapkan program yang memang diperlukan oleh sistem komputer yang akan digunakan untuk mengolah data.

2. Sistem analis
Orang yang bertanggung jawab terhadap penelitian, perencanaan, perkordinasian dan merekomendasikan pilihan software, hardware dan sistem yang sesuai dengan kebutuhan penggunanya (Perorangan, organisasi atau perusahaan). Seorang sistem analis sangat berperan penting dalam pengembangan sebuah sistem. Seorang sistem analis harus menguasai 4 keahlian diantaranya adalah analis, teknis, manajerial dan cara berkomunikasi dengan orang lain atau personal.

3. Administrator 
Orang yang mempunyai tugas mengelola sebuah sistem operasi dan juga beberapa program yang sedang berjalan pada sebuah sistem komputer.

4. Operator
Orang yang memanfaatkan sistem komputer yang telah ada atau dia hanya menggunakan aplikasi-aplikasi tertentu saja untuk mengolah data.

Fungsi Sistem Komputer

Secara umum Fungsi sistem komputer memiliki 4 fungsi dasar yaitu :

1. Menginput Data
Sistem Komputer berfungsi untuk seluruh jenis data yang telah dimasukkan oleh pengguna melalui perangkat keras seperti mouse, keyboard, microphone dan lain-lain.

2. Memproses Data
Sistem komputer berfungsi untuk memproses data. Data yang telah diinput oleh user masih dalam bentuk mentah. Oleh karena itu setelah diimput sistem akan melakukan proses yang mana mentransfer data mentah tersebut menjadi sebuah informasi yang dapat dibaca dan dipahami oleh komputer.

Proses data ini dilakukan oleh Central Processing Unit (CPU) yang juga merupakan otak dari komputer.  

3. Menghasilkan Data
Sistem komputer berfungsi untuk menghasilkan sebuah output yang merupakan hasil dari data yang telah diproses. Hasil tersebut dapat berupa informasi, suara, gambar ataupun video.

4. Menyimpan Data
Sistem komputer berfungsi untuk menyimpan data output yang merupakan hasil olahan dari proses pada memori komputer.