Sunday, June 23, 2019

Sejarah dan Perkembangan Internet di Indonesia

Sejarah-dan-Perkembangan-Internet-di-IndonesiaSejarah perkembangan internet di indonesia bermula pada tahun 1990-an. Pada saat itu internet di Indonesia lebh dikenal dengan sebutan paguyuban network. yaitu dimana semangat kebersamaan, kerjasama, kekeluargaan serta gotong royong sangat terasa diantara para pelaku tersebut.

Hal itu berbeda sekali ketika internet berkembang lebih banyak, internet terasa kepada komersial dan individu bahkan dalam sebagian aktifitasnya lebih kepada perdagangan internet.

Pada tahun 1992 - 1994 teknologi pocket radio TCO/IP yang diadopsi oleh rekan-rekan BPPT, Lapan, UI dan ITB menjadi tumpuan paguyuban.net AMPR-net (Amatir Pocket Radio network)yang menggunakan IP pertama yang dikenal dengan nama domain AMPR.org dan IP 44.132.BPPTmengoperasikan gateway tersebut yang bekerja pada band 70 cmdengan menggunakan PC 386 dan OS DOS yang menggunakan program NOS sebagai gateway pocket radio TCO/IP.

Pada tahun 1994 ISP komersial pertama IndoNet mulai beroperasi. Sambungan awal untuk internet dilakukan dengan menggunakan dial-up oleh IndoNet. Untuk akses awal IndoNet pada mulanya menggunakan model teks dengan shell account, browser lynk dan email client pine pada server AIX.

Sehingga pada tahun 1995 beberapa BBS di Indonesia seperti Clarissa menyediakan jasa akses telnet ke luar negeri dengan menggunakan remote browser Lynk di Amerika Serikat, pemakai di indonesia bisa akses internet (HTTP).

Sejak tahun 1994 internet sudah masuk ke indonesia dengan Top Level Domain ID (TLD ID) primer yang dibangaun di server UNNET, kemudian dilanjutkan dengan domain lever dua (Second level Domain). Internet Service Provider (ISP) pertama di Indonesia adalah IPTEKnet yang terhubung ke internet dengan kapasitas bandwitch 64 Kbps.

Sejarah-dan-Perkembangan-Internet-di-Indonesia

Akses internet di indonesia semakin berkembang dengan berjalannya waktu bahkan menurut APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) memperkirakan pengguna internet di Indonesia pada tahun 2014 mencapai 88.1 juta pengguna dan itu akan berkembang seiring berjalannya waktu, apalagi didukung dengan berkembangnya komputer serta teknologi mobile yang semakin canggih.