Saturday, July 6, 2019

Jenis - Jenis Software (Perangkat Lunak) Berdasarkan Distribusinya

Software atau perangkat lunak dapat dibedakan menjadi beberapa macam berdasarkan distribusinya. Diantaranya adalah Software berbayar, Software gratis atau free (Freeware, Free Software dan Shareware).

Untuk lebih memahami dan mengenal macam-macam software diatas, Mari kita lihat pengertian dan definisi masing-masing software dibawah ini :

a. Software berbayar
Software berbayar merupakan perangkat lunak yang memang didistribusikan dengan tujuan komersil, sehingga pihak yang ingin menggunakan dan memiliki software tersebut harus membayar atau membeli software tersebut kepada pihak pengembang atau pemilik software. Biasanya software berbayar seperti ini tidak memberikan izin kepada pihak pembeli untuk menyebarluaskan software tersebut tanpa adanya izin dari pihak pengembang atau pemilik.

b. Freeware
Free atau perangkat lunak gratis adalah software yang dapat digunakan dan dimiliki secara gratis (Free) tanpa ada batasan waktu (sampai kapanpun). Ini berbeda dengan shareware yang mengharuskan kepada penggunanya untuk membayar (setelah jangka waktu tertentu atau untuk memperoleh fitur tambahan). Para pembuat atau pengembang membuat software gratis biasanya untuk disumbangkan kepada sebuah komunitas.Tetapi juga tetap mempertahankan hak cipta sebagai pengembang serta memiliki kontrol atau kendali terhadap pengembangan selanjutnya.

c. Free Software
Pengertian Free software lebih mengarah kepada bebas terhadap penggunaan tetapi tidak harus gratis (Free). Dikatakan gratis karena bebas untuk mencoba dan menggunakan perangkat lunak sumber terbuka (Opensource). Sekali didapat, Software ini dapat digunakan, disalin, dimodifikasi dan disebarluaskan secara bebas. Jadi Free software tidak mengarah kepada gratis pembelian tetapi bebas penggunaan dan pendistribusian.

d. Shareware
Shareware juga software yang gratis dan bebas tetapi lebih dibatasi pada waktu tertentu. Shareware adalah program terbatas distribusinya baik sebagai demontrasi atau sebagai evaluasi terhadap fungsi atau fitur tertentu misalnya bebas menggunakan dalam waktu yang telah ditetapkan (30 hari). Sehingga pengguna atau pembeli mempunyai kesempatan untuk menggunakan dan menguji serta mengevaluasi suatu produk software sebeleum benar-benar membeli versi lengkap dari suatu program.