Friday, July 19, 2019

Partisi USB Flashdisk di Windows 10 dengan Mudah

Universal Serial Bus (USB) adalah aksesoris Smart Tech yang sering digunakan untuk menyimpan dan mentransfer data dari satu laptop atau komputer ke laptop atau komputer lainnya. Karena USB bersifat portable maka data yang ada dalam USB bisa dengan mudah dimodifikasi dan dirubah.

USB dapat berbentuk apa saja mulai dari Pen Drive, HDD Eksternal, SD Eksternal dan banyak lagi yang lainnya. Ada juga USB Flashdisk yang secara default tidak ada pembagian kapasitas penyimpanan pada perangkat ini.

Pada kali ini kita akan membahas bagaimana partisi USB Flashdisk dengan Platform Windows 10 dengan mudah.

Cara Mempartisi USB Flashdik di Windows 10 dengan mudah

1. Menggunakan AOMEI Partition Assistant Standart Edition
Merupakan salah satu aplikasi terbaik untuk mempartisi sebuah USB Flashdisk. Aplikasi ini dapat kita dapatkan dengan mendownload di internet. Diantara langkah - langkah untuk mempartisi dengan menggunakan AOMEI Partition Assistant Standart Edition adalah sebagai berikut :

Langkah Pertama : Kita cari atau download aplikasi AOMEI Partition Assistant Standart Edition kemudian instal di laptop atau komputer kita.

Langkah Kedua : Setelah terinstal buka aplikasi AOMEI Partition Assistant Standart Edition tersebut. Kemudian klik kanan pada USB Flashdisk dan pilih opsi Create Partition.

Langkah Ketiga : Mengatur ukuran partisi baru (size) yang kita buat. Kemudian klik Ok.

Langkah Keempat : Setelah semua selesai maka kita akan melihat partisi USB Flashdisk kemudia kita tinggal pilih Apply.

Langkah Kelima : Kita juga bisa merubah ukuran size dalam partisi USB Flashdik kita. Yaitu dengan cara masuk ke dalam aplikasi AOMEI Partition Assistant Standart Edition, kemudian klik kanan pada partisi AOMEI Partition Assistant Standart Edition  yang ingin kita resize. setelah itu pilih opsi Resize Partition.

2. Menggunakan Disk Management
Disk Management adalah Tool dari Windows. Jadi Tool ini secara otomatis terdapat dalam komputer kita ketika kita menginstall komputer. Di bawah ini adalah langkah-langkah partisi USB Flashdisk dengan menggunakan Disk Management.

Langkah Pertama : Kita buka menu windows Search kemudian kita ketikkan "diskmgmnt.msc" tanpa tanda " pada kolom pencarian. Kemudian setelah muncul klik opsi Disk Management.

Langkah Kedua : Klik kanan pada USB Flashdisk kemudian klik opsi Shrink Volume

Langkah Ketiga : Maka kita akan muncul size, yang ukuran yang tersedia untuk kita shrink kan. Masukkan Nilai dalam satuam MB kemudian klik tombol Shrink.

Langkah Keempat : Kemudian kita akan melihat tampilan opsi Unallocated Space klik kanan pada kotak opsi tersebut dan pilih New Simple Volume.

Langkah Kelima : Akan muncul tampilan Jendela Simple Volume Wizard, tentukan ukuran volume yang kita kehendaki.

Langkah keenam : Kemudian pilih Nama lokasi dari partisi tersebut 

Langkah Ketujuh : Maka akan muncul jenis file sistemnya. Pilih NTFS dibawah jendela Format Partition kemudian klik tombol Next

Langkah Kedelapan : Tunggu beberapa saat hingga kita melihat jendela seperti contah gambar di bawah ini.