Tuesday, October 15, 2019

2 Cara Mudah Partisi Hardisk Pada Windows 7

Windows 7 adalah salah satu Operating System yang dibuat oleh Microsoft Corporation, dan Windows yang banyak dipakai oleh pengguna (User). Meskipun jumahnya semakin menurun seiring dengan penyempurnaan fitur yang ada pada windows versi terbarunya yaitu Windows 10, tetapi pemakainya masih banyak dan mereka masih betah menggunakan Operating System yang satu ini.

Berbicara mengenai windows 7, mungkin kita pernah ingin membagi -bagi file kita ke dalam sebuah local disk dari pada membaginya dalam bentuk folder. Namun partisi hardisk sudah terbagi ketika kita menginstal windows 7 pada komputer atau laptop kita.

Maka kali ini kita akan belajar, bagaimana cara mudah partisi hardisk pada windows 7. Kali ini kita akan membagi cara mudah partisi hardisk pada windows 7 ini menjadi dua sesi. Sesi pertama adalah partisi ketika kita akan menginstall ulang windows 7 di komputer atau laptop kita, dan yang kedua adalah partisi ketika windows sudah terinstall di komputer atau laptop kita.

Bagian Pertama : Partisi hardisk ketika menginstall ulang windows 7

Saat kita menginstall windows 7 maka kita akan diminta untuk memilih partisi mana yang akan kita jadikan tempat untuk menyimpan semu berkas yang terkait dengan sistem tersebut. Dan untuk kapasitasnya sekurang-kurangnya atau minimal 16 Gb, untuk lebih bagus kapasitasnya harus diatas 16Gb.

Setelah itu selesai, maka kita akan disuguhi pilihan jenis instalasi seperti gambar dibawah ini


Kita pilih yang Custom (Advanced) karena kita akan menginstall ulang windows 

Kemudian kita akan diminta di partisi mana kita akan menginstall windows pada komputer atau laptop kita. Seperti gambar dibawah ini


Pada tahap ini kita bisa memilih langsung semua kapasitas hardisk untuk lokasi berkas windows (System) atau juga bisa dengan membagi hardisk dengan beberapa bagian.

Kalau kita memilih yang pertama, yaitu memilih semua kapasitas hardisk maka kita tinggal klik tombol Next.

Maka Program setup akan langsung membuat satu partisi pada seluruh ruang hardisk kemudian akan memformatnya dengan sistem NTFS.

Namu apabila kita ingin membagi hardisk menjadi beberapa bagian, maka klik Drive Options (Advanced) maka akan muncul beberapa tombol pilihan. Seperti pada gambar dibawah ini


Keterangan :
  • New : Membuat partisi baru
  • Delete : Menghapus partisi tertentu. Semua data akan terhapus atau terformat. Karena itu data atau file harus di backup terlebih dahulu.
  • Format : Memformat partisi tertentu. Ini akan mengakibatkan semua data akan terhapus.
  • Extend : Memperluas ruang partisi dan untuk menambah luas ruang partisi pada lebih dari satu hardisk.
Silahkan dipilih tombol New untuk membuat sebuah partisi yang baru. Selanjutnya isi ukuran atau kapasitas partisi baru dengan nilai Megabyte (MB). Kemudian pilih OK


Untuk partisi selanjutnya klik partisinya kemudian klik Apply.

Kita bisa membagi ruang hardisk menjadi beberapa partisi sesuai dengan keinginan kita. Jangan Lupa pilih partisi yang akan kita gunakan untuk tempat berkas windows (System). Kemudian klik OK untuk melanjutkan proses instalasi.

Bagian Kedua : Partisi Hardisk ketika Windows 7 sudah terinstal di komputer atau laptop kita

1. Pada tampilan desktop klik tombol start di pojok kiri bawah. Kemudian cari Control Panel. Atau klik kotak search program and files kemudian ketikkan "Control Panel".


2. Ketika tampilan control panel muncul. Pilih "System and Security"


3. Kemudian klik "Administrative Tools"


4. Setelah itu klik dua kali pada "Computer Management"


5. Kemudian klik "Disk Management" pada sub menu "Storage". Maka akan muncul daftar partisi yang ada pada komputer atau laptop kita.


6. Klik kanan pada bagian hardisk yang kita bagi partisinya. Kemudian klik "Shrink Volume".


7. Ketikkan besaran ukuran kapasitas hadisk yang kita inginkan dalam satuan Megabyte (Mb). Jika sudah klik "Shrink."


8. Volum pada hardisk akan dibuat oleh system

Untuk menambah partisi atau membagi bagian hardisk lagi, Maka ulangi langkah nomer 6 samapi selesai. Selamat mencoba dan semoga berhasil.