Tuesday, October 15, 2019

Langkah Mudah Melakukan System Restore

Mungkin dari kita pernah mengutak atik komputer atau laptop kita, dengan keinginan kita belajar setting komputer lebih dalam. Tetapi ternyata komputer kita malah tersetting tidak karuan yang ujung-ujungnya komputer atau laptop kita menjadi hang atau error atau juga kita pernah menginstall suatu aplikasi pada komputer atau laptop kemudian komputer atau laptop kita menjai error. 

Maka kita dapat menggunakan System Restore untuk membatalkan perubahan yang merusak komputer kita serta memulihkan settingan serta kinerja komputer. System Restore adalah fitur yang disediakan oleh windows untuk mengembalikan dan memulihkan komputer atau laptop kita ke titik semula tanpa menghilangkan data atau riwayat komputer atau laptop kita sebelumnya.

Komputer kita akan secara otomatis membuat titik pmulihan atau yang disebut titik periksa sistem. Namun kita juga bisa membuat sendiri titik pemulihan tersebut.

Langkah mudah melakukan System Restore adalah sebagai berikut :

1. Klik start kemudian pilih All Program

2. Cari Accesories terus klik System tools

3. Kemudian klik System Restore

4. Maka System Restore akan terbuka

Untuk memulai pemulihan pada System Restore, maka ada dua pilihan yang harus kita lakukan, yaitu :

1. Pulihkan Komputer ke waktu sebelumnya
Pilih bagian ini jika kita ingin memulihkan komputer kita pada waktu tertentu. System retore akan menampilkan kalender. Setelah selesai klik Next dan ikuti langkah selanjutnya sampai selesai.

2. Buat titik pemulihan
Pilih bagian ini jika kita akan memilih titik pemulihan sesuai dengan keinginan kita sendiri.

Hal - hal yang harus diperhatikan dalam melakukan system restore :
  • System Restore : dapat memulihkan Virus
  • System Restore : akan menghapus aplikasi atau program komputer yang terpasang jika komputer dikembalikan ke waktu sebelum aplikasi atau program itu terinstall.
  • System Restore : tidak dapat mengembalikan file atau folder yang terhapus
  • System Restore : tidak dapat menghapus file walaupun file tersebut dibuat sesudah waktu yang ditentukan untuk pemulihan system.
Selamat mencoba dan semoga berhasil