Wednesday, October 16, 2019

Mengatasi Windows Explorer Has Stopped Working Pada Komputer

Windows 7 adalah salah satu Operating System yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation dan merupakan operating system yang cukup stabil. Sehingga walaupun telah diluncurkan Operating system baru yaitu Windows 10, namun pengguna (user) Windows 7 masih tinggi.

Dalam Windows 7 kadang - kadang muncul pesan Error "Windows Explorer Has Stopped Working".  Biasanya pesan error seperti ini muncul karena Windows 7 tidak merespon terhadap masukan atau perintah yang dikirim.

Pada kali ini kita akan mencari solusi mengatasi Windows Explorer Has Stopped Working pada komputer atau laptop. Namun sebelum masuk ke langkah - langkah nya, kita periksa beberapa hal yang ada didalam komputer kita :

1. Periksa sistem anti virus pada komputer 
Virus adalah salah satu aplikasi yang sudah diketahui secara umum menjadi penyebab sebuah aplikasi tiba-tiba berhenti atau kinerja komputer menjai sangt lambat. Kita perlu memeriksa seluruh sistem pada komputer, mungkin saja ada virus yang menyusup kedalam system.

Lakukan update antivirus secara rutin untuk mendapatkan keamanan secara maksimal dan juga untuk memperlancar kinerja aplikasi.

2. Periksa File yang rusak (Corrupted Files)
Pada dasarnya yang menyebabkan windows explorer berhenti secara mendadak adalah adanya file yang rusak (Corrupted). Karena itu, kita cari file yang rusak tersebut setelah ketemu kita hapus file corrupt tersebut.

Langkah - langkah Mengatasi Windows Explorer Has Stopped Working pada komputer :

Cara Pertama
1. Klik start kemudian Ketik "gpedit.msc" pada kotak search.


2. Kemudian kita cari lokasi "Computer Configuration > Administrative Templates >System >Internet Communication Management Kemudian klik Internet Communication Setting

3. Pilih lokasi Turn Off Windows Customer Experience Improvement Program. klik kanan pilih edit.


4. Kemudian pilih Enable kemudian Apply dan tutup menu gpedit


5. Selesai

Jika cara tersebut tidak berhasil coba cara yang kedua

Cara Kedua
1. Klik start ketikkan "cmd" pada search box

2. Setelah muncul di result area klik kanan kemudia pilih run as administrator


3. Pada Command Prompt Ketik "sfc/scannow"

4. Tekan Enter


Selamat mencoba semoga berhasil