Friday, October 11, 2019

Mengatasi Word Tidak Bisa Diedit Karena Dikunci Password

Salah satu cara kita agar file kita tidak di plagiat atau diakui oleh orang lain adalah dengan cara mengunci dokumen, sehingga dokumen tersebut tidak bisa untuk diketik, diedit ataupun di print.

Dokumen yang dikunci seperti ini biasanya adalah dokumen - dokumen penting seperti, Skripsi, Tesis, Desertasi atau dokumen penting lainnya.

Kalau ditanya kenapa bisa dibuka tetapi tidak dapat diedit, ditambahi atau dihapus isinya..?? Jawabannya adalah karena dikunci dengan password. Sehingga dokumen atau file tersebut hanya bisa dibaca oleh pengguna. Dan Fitur ini tersedia di Microsoft Office Word.

Tetapi yang jadi masalah adalah jika file atau dokumen tersebut adalah milik kita sendiri, kemudian kita ingin merubah atau mengedit isi dari dokumen tersebut tetapi kita lupa kata sandi atau passwordnya. Apa yang harus kita lakukan..?? apakah menyalin semua isi dokumen?? Tidak mungkin. Kalau tulisannya sedikit, bagaimana kalau isinya banyak sekali.....

Dengan mengikuti beberapa langkah dibawah ini dokumen kita bisa kita edit kembali tetapi dokumennya tidak asli layaknya kita membuat dokumen baru namun dengan isi dan konten yang sama.

Jadi dengan cara ini, kita tidak perlu menulis lagi satu persatu isi dari dokumen tersebut dan ini bisa dilakukan di Microsoft Word 2007, 2010, 2013 juga Microsoft Office 2016.

Berikut ini adalah langkah - langkah agar Microsoft Office kita bisa diedit kembali dengan menggunakan Word Pard, Silahkan diikuti :

1. Buka dokumen Word yang dikunci

2. Save as menjadi .rtf


3. Klik kanan file .rtf yang tadi kita save

4. buka dengan open with dan pilih wordpard

Silahkan mencoba dan Mudah - mudahan berhasil. Terima Kasih