Tuesday, November 5, 2019

Mengconvert GPT ke MBR pada Windows dengan Mudah

Mungkin dari kita pernah melakukan Instalasi Windows pada Komputer aatau laptop kita, ketika menginstall windows tiba-tiba terjadi sesuatu hal yang kita belum pernah tahu dan lihat. Diantaranya yaitu muncul tulisan "Windows cann't be installed to Disk 0 to partition 1. (Show Details).

Hal ini bisa saja terjadi pada windows, tidak hanya pada windows 7, windows 8 bahkan bisa juga terjadi pada windows 10. Jangan khawatir, tidak terjadi apa-apa ada Hardisk kita. Ini hanya ada perbedaan partisi antara Hardisk komputer atau laptop kita dengan partisi driver windows kita.

Bisa jadi partisi hardisk adalah GPT sedangkan partisi driver windows kita MBR. atau sebaliknya. MBR adalah singkatan dari Master Boot Record merupakan tipe special dari boot sector ketika hardisk komputer pertama kali kita partisi. MBR lah yang memegang informasi mengenai logical partition yang juga berisi file system serta mengatur system komputer tersebut. 

Konsep ini sudah ada sejak tahun 1983. System MBR ini hanya bisa mensupport sampai kapasitas penyimpanan 2Tera. Sedangkan saat ini kapasitas penyimpanan komputer sudah melebihi 2 tera. Sehingga banyak komputer yang mulai beralih ke GPT. Terlebih pada komputer-komputer baru sudah menggunakan system GPT untuk menyesuaikan kebutuhan penggunaan.

GPT adalah singkatan dari Guid Partition Table merupakan bagian dari EFI System yaitu suatu standart layanan layout tabel partisi pada hardisk yang menggunakan Global Unique Identifier (GUID). Kapasitas penyimpanan system ini bisa melebihi 2Tera. Sehingga banyak komputer baru yang beralih ke system ini.

Agar instalasi bisa berlanjut maka kita harus merubah partisinya. Antara Hardisk dan driver windows harus sama. Oleh sebab itu mari kita simak dan kita pelajari bagaimana cara Mengconvert GBT ke MBR pada Windows dengan mudah.

Langkah - langkah mudah Mencovert GPT ke MBR adalah sebagai berikut :

1. Masuk ke instalasi Windows. Kali ini kita akan menggunakan Windows 10


2. Setelah muncul seperti gambar diatas. klik Next


3. Klik Install

4. Kemudian kita masuk ke Command Promt yaitu dengan klik Shift+f10 secara bersamaan.


5. Setelah muncul jendela Command Promt Administrator seperti gambar diatas. Ketikkan "DISKPART". Kemudian tekan Enter

6. Kemudian ketikkan "list disk" (Untuk menampilkan daftar partisi pada hardisk kita). Biasanya akan muncul dua partisi yaitu 0 dan 1. Kemudian tekan Enter.

7. Ketikkan "select disk 0" (Biasanya 0 adalah Partisi Hardisk dan 1 adalah Partisi USB. Kita pilih 0 karena kita akan merubah partisi hardisk kita). Kemudian tekan Enter.

8. Ketikkan "clean". (Untuk menghapus partisi hardisk). Kemudian tekan Enter.

9. Kemudian ketikkan "convert mbr" kemudian tekan Enter. (Jika kita ingin merubah ke GBT maka kita ketikkan "convert gbt").

10. Tunggu hingga selesa.

11. Setelah selesai 100%. Ketikkan "Exit" untuk keluar dari Command Promt.

12. Lanjutkan Intalasi windowsnya.

Selamat mencoba, Semoga berhasil.